Anda seorang pegiat event organizer (EO) atau wedding organizer (WO)? Jika iya, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan membuat sebuah acara, event atau pernikahan. Dan tentunya Anda paham betul bagaimana ribetnya, carut-marutnya acara sebelum dimulai. Namun, dengan planning yang tepat, serta pembagian job yang merata dan bisa dipahami semua devisi, tak perlu ada yang ditakutkan saat acara akan berlangsung.

Nah, jika ternyata Anda baru dalam dunia EO atau WO, ada satu tips kecil buat Anda. Jangan memikul tanggung jawab sendirian. Artinya, Anda harus memiliki tim, untuk mengurus semua halnya. Misal, ada tim yang mengurus bagian panggung, talent, donator, marketing, clean up dan lain-lain. Gunakan waktu sebaik dan sesering mungkin untuk berkoordinasi satu sama lain.

Apalagi jika Anda mendapat kesempatan untuk membuat acara yang Besar. Selain diperlukan kerja professional, Anda harus memiliki tim yang cakap dan tidak cengeng. Anda beserta tim Anda adalah kunci sukses sebuah event atau acara pernikahan (jika ingin membuat WO). Namun, ada faktor lain (jika ingin membuat acara) yang juga mempengaruhi kesuksesan acara Anda, diantaranya adalah:

  1. Jenis acara yang akan Anda buat

Apakah Anda ingin membuat acara atau event formal, santai, anak muda atau untuk kalangan menengah ke atas. Anda harus jelas jenis acara yang akan dibuat.

  1. Tema acara dan konsep jelas

Rancang konsep acara tersebut secara matang oleh tim.

  1. Siapkan Kebutuhan jauh-jauh hari

Tentu saja dengan menyiapkan jauh-jauh hari, Anda tidak akan ribet saat mendekati acara.

  1. Rencakan anggaran

Siapkan anggaran untuk akomodasi dan pembelian keperluan event. Siapkan juga back dana, jika ternyata anggaran membengkak.

  1. Buat tim yang professional

Tim adalah suatu keprimeran, karena dengan adanya tim, penyusunan acara bisa dapat terselengara dengan baik dan lancar. Libatkan juga pihak ketiga, jika diperlukan. Misalnya, melibatkan penyedia jasa kebersihan event atau clean up untuk bertanggung jawab di bagian kebersihan selama event berlangsung.

  1. Distribusi tugas

Setekah tim dibentuk, Anda (jika sebagai ketua atau project manajer) harus memberikan tugas ke masing-masing devisi, dengan jelas dan terukur.

  1. Berikan deadline

Tujuan diberikan deadline ini, agar tim Anda jangan sampai terlena, sekaligus agar seluruh tim terdorong untuk melakukan kewajiban sebelum acaranya dimulai.

  1. Selalu ada plan back up/B

Harus ada plan B. Misal, jika salah satu devisi Anda ada kendala, Anda harus ada penyelesaian segera.

  1. Tim yang Solid

Sekali lagi, hal yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya acaramu, adalah tim yang solid. Tim yang salin percaya satu sama lainnya.

  1. Berdoa

Meski mungkin terdengar tidak masuk akal, namun berdoa merupakan hal yang jangan sampai Anda tinggalkan jika Anda beragama. Berdoa juga merupakan bentuk sebuah niat serta keyakinan Anda atas berhasil atau tidaknnya event yang akan Anda buat.

Nah, itulah beberapa tips dan kiat bagi Anda agar event Anda sukses. Sedikit menyinggung diatas, apabila Anda membutuhkan jasa kebersihan untuk event. Tim www.ciptaresik.com juga memiliki tim cleaning for event, dimana kami menyediakan all in service bagian clean up acara Anda. Acara yang diselenggarakan di indoor atau outdoor, kami siap membantu, karena selain memiliki manpower yang berpengalaman, kami juga memiliki chemical dan peralatan cleaning yang lengkap.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *