Ada pepatah, bahwa rumah adalah cerminan jiwa kita. Jika rumah tampak berantakan, tidak rapi apalagi bau karena sampah yang menumpuk, tentu bisa ditebak (manusia) seperti apa yang tinggal di rumah tersebut. Tentu saja Moms tidak ingin kan? Di cap sebagai orang yang jorok. Apalagi kalau ada kolega Anda datang berkunjung. Duh, malu pastinya…

Nah, berikut ada 10 tips agar rumah kelihatan rapi dan bersih. Yuk, kepoin di www.ciptaresik.com karena nantinya banyak tips seputar cleaning, yang bisa Moms aplikasikan di rumah.

 

  1. Jangan Sepelekan Hal Kecil

Selalu jadikan prioritas hal-hal kecil saat Moms membersihkan dan merapikan rumah. Misalkan, tumpukan sampah di pojok ruangan, tumpukan baju kotor, buku, mainan yang berserakan, piring kotor dan lain-lain. Dengan merapikan hal-hal kecil ini, akan muncul image bahwa rumah Moms selalu terjaga kerapian dan kebersihannya, walaupun lantai dan kaca belum disapu atau di lap.

So, sebelum menyapu atau mengepel lantai, alangkah baiknya merapikan dulu hal-hal kecil yang menganggu mata. Ada lo, orang yang matanya detail kaya elang kalau masalah kebersihan. Nah, jangan sampai nanti ada kolega yang datang ternyata memiliki mata detail ini. Takutnya malah kita kena nyinyiran (Hehehe).

 

  1. Bersih itu Karena Kebiasaan, Bukan Terpaksa

Moms, jangan sampai menunggu rumah kotor baru dibersihkan. Dimana-mana mencegah pasti lebih baik, daripada membersihkan kalau sudah kotor bangetm(J). Selalu edukasi keluarga, suami, anak untuk keep clean selama berada di rumah. Gak papa, di cap sebagai Moms yang cerewet, tapi efek panjangnya keluarga akan selalu care terhadap kebersihan rumah.

Menciptakan kebiasaan terdengarnya memang simple, namun mungkin cukup sulit di prakteknya. Kuncinya selalu disiplin dalam menjaga kebersihan rumah, tanamkan ke dalam diri bahwa kebersihan rumah itu nomor satu, karena jika rumah kotor akan menjadi sarang penyakit.

 

  1. Bersih-bersih Sambil Jalan

Hampir sama dengan menciptakan kebiasaan baik dalam menciptakan rumah bersih, Moms juga harus punya mindset untuk selalu bersih-bersih dalam setiap aktivitas di dalam rumah. Hal-hal seperti  mencuci piring setiap selesai makan, menyapu remah- remah yang jatuh saat menyantap makanan ringan, hingga mengelap meja setelah selesai digunakan. Jangan menunggu hingga permukaan meja atau wastafel penuh atau kotor baru dibersihkan, terapkan terus sesi bersih-bersih setelah beraktivitas di dalam rumah.

 

  1. Jangan Berlebihan dalam Mengoleksi Sesuatu yang Tidak Perlu

Rumah akan terlihat kotor, jika Moms suka mengoleksi pernak-pernik dalam jumlah yang banyak. Rumah secara otomatis akan terasa lebih sesak, jika memiliki banyak benda di dalam rumah, dan juga akan banyak waktu yang tersita untuk merapikannya sehingga cenderung rumah akan terlihat pengap, sumpek dan kotor. Bandingkan dengan rumah bersih yang selalu lapang.

Oleh karena itu, usahakan untuk membuatkan keputusan yang bijaksana sebelum memutuskan untuk membeli sebuah benda atau kolektibel. Selain bisa punya rumah bersih, Moms juga bakalan bisa lebih hemat loh.

 

  1. Fokus Tiap Ruangan

Moms, salah satu tips dalam membersihkan rumah adalah focus dulu untuk membersihkan satu ruangan, baru setelah ruangan tersebut selesai dibersihkan bisa pindah ke ruangan berikutnya. Hindari untuk membersihkan dari satu ruangan ke ruangan lainnya dalam waktu bersamaan, usahakan untuk tetap fokus pada sebuah ruangan sebelum berpindah ke ruangan lain. Dengan demikian, kamu bisa berkonsentrasi secara sempurna dan tidak sampai kehilangan fokus.

 

  1. Harus Siap Membuang Barang

Kadang, Moms ragu untuk membuang sebuah barang karena terlalu baper, ketika membersihkan ruangan. Misal, mainan rusak yang terongok di sudut ruangan engan dibuang karena mainan itu, mainan pertama untuk buah hati, padahal jika dilihat dari ukurannya, cukup besar serta menyita tempat. Demi menciptakan rumah bersih, pokoknya jangan segan untuk menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau tidak diperlukan lagi.

Tips rumah bersih dari Marie Kondo, pengarang buku, pencipta teknik Konmarie sekaligus sosok organisir rumah ternama di Jepang- adalah hanya menyimpan benda yang memang punya manfaat langsung kepada pemilik rumah. Ini artinya, Moms harus membuang atau menyumbang benda-benda yang sudah lama tidak digunakan, tidak bermanfaat, dan tidak lagi punya fungsi di rumah.

 

  1. Harus Punya Senjata buat Bersih-bersih

Biar rumah selalu rapi dan bersih, Moms harus dan wajib memiliki alat perang yang lengkap. Baik chemical dan equipment cleaning yang memiliki fungsi untuk bersih-bersih. Dalam penggunaan chemical harus hati-hati ya moms! Ada beberapa chemical yang cukup keras jika terkena tangan langsung. Karena itu penting juga dalam melengkapi diri dengan alat safety, seperti sapu tangan karet.

Oya Moms, karena banyaknya chemical ada baiknya untuk mengkonsultasikan chemical apa aja yang aman untuk diaplikasikan di rumah. Silahkan hubungi kami untuk mendapat informasi jenis-jenis chemical, tentu dengan harga yang menarik.

 

  1. Minimalisir Penggunaan Kertas

Tumpukan kertas adalah salah satu jenis benda sehari-hari yang paling sering mengganggu pemandangan rumah. Supaya Moms bisa punya rumah bersih bebas kertas yang tidak berguna, cari waktu untuk benar- benar menyortir seluruh kertas di rumah dan mulailah untuk mengarsip dengan benar. Dan, jangan ragu untuk membuang jika sudah tidak digunakan.

Selain menempatkan dokumen penting dalam arsip, ada baiknya Moms beralih ke teknik paperless yang lebih ramah lingkungan dan efektif untuk rumah bersih. Caranya adalah dengan menggunakan scanner dan simpan dokumen dalam bentuk file yang siap akses di komputer. Tidak sulit bukan?

 

  1. Siapkan Laci atau Kontainer Penyimpanan

Tidak ada yang bisa sempurna dalam menciptakan sebuah rumah bersih. Itu sebabnya Moms memerlukan sebuah laci atau juga bisa mengunakan kontainer penyimpanan yang bisa dijadikan tempat penyimpanan, sampai kamu punya waktu untuk menyortir dan mengembalikan ke tempatnya masing- masing.

 

  1. Jangan Ragu untuk Menggunakan Jasa Kebersiha

Tidak punya waktu untuk bersih-bersih, tapi tetap ingin punya rumah bersih? Moms jangan khawatir. Banyak yang menggunakan jasa asisten rumah tangga hingga cleaning service harian supaya rumah bersih. Tidak ada salahnya Moms untuk menggunakan sumber daya yang ada dan membayar tenaga bersih-bersih yang ada.

Buat Moms yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitar, mungkin bisa menggunakan jasa ciptaresik.com untuk menjadikan rumah Moms selalu bersih dengan harga yang kompetitif. Silahkan hubungi admin kami untuk mendapatkan infonya.

 

Nah, ngak sulit kan untuk menciptakan rumah yang bersih setiap saat? Selalu pantau terus di ciptaresik.com untuk mendapatkan info dan tips dalam membuat rumah dan lingkungan selalu bersih dan sehat. Terima kasih.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *