Hallo Moms, bertemu kembali dengan kami tim ciptaresik.com, kali ini, kami akan memberikan tips alami untuk membersihkan jendela kaca. Oya, ternyata desain rumah dengan banyak bagian kaca sudah menjadi tren saat ini. Kaca mampu memberikan penampilan yang menarik dengan membawa pemandangan luar rumah ke dalam dan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Begitu juga dengan sebaliknya, keindahan interior rumah mampu terlihat dari luar dengan pemasangan kaca yang transparan.

Tapi Moms, dibalik nilai estetik yang dihadirkan konsep rumah dengan banyak kaca, maka Moms juga harus selalu merawat dan membersihkan kaca tersebut. Karena material kaca cukup riskan kotor, berjamur, atau buram dan kusam jika tidak sering dibersihkan.

Pada dasarnya, semakin sering kaca dibersihkan, maka semakin terjaga kebersihanya. Paling tidak, dalam kondisi normal, bersihkan kaca jendela minimal sebulan sekali. Untuk jendela yang dekat dengan jalan raya dengan volume lalu lintas yang tinggi tentu lebih membutuhkan frekuensi yang lebih sering.

Nah, kami akan memberikan tips sederhana dalam membersihkan kaca-kaca di rumah.

 

  1. Membersihkan dengan Cuka Putih

Encerkan cuka putih dengan air panas, kemudian usapkan pada permukaan kaca yang terdapat kotoran yang mengering.

 

  1. Koran Beka

Jangan remehkan tumpukan Koran bekas di rumah Moms, mungkin kertas bekas tersebut bisa menjadi senjata ampuh dalam membersihkan permukaan kaca di rumah. Caranya, semprot permukaan kaca dengan air kemudian gosok dengan koran. Lihat hasilnya, kaca akan terlihat mengkilap.

 

  1. Perasaan Lemon

Perasan lemon mengandung sejumlah asam yang membantu dalam pembersihan. Tambahkan perasan lemon dalam air panas. Apakah lebih mudah jika injeksi dan dimasukkan ke dalam botol semprot. Namun, perhatikan bahwa tidak dapat digunakan dalam marmer! Karena sifat asam pada lemon akan meninggalkan noda yang bisa meresap ke pori marmer dan akan sukar hilang.

 

  1. Baking Soda

Moms, coba cek di dapur, ada sisa baking soda? Kalau ada, coba gunakan baking soda tersebut untuk membersihkan kerak di kaca. Karena hasilnya akan luar biasa. Caranya, cukup larutkan dua sendok teh baking soda dengan air hangat sebanyak 200 ml. Tuang ke sprayer, lalu moms bisa semprotkan ke permukaan kaca yang mau dibersihkan. Selanjutnya bersihkan permukaan dengan wiper (squeegee) sampai kering, setelah Moms semprotkan. Lihat hasilnya…

 

  1. Natrium Karbonat

Selain Baking Soda, Moms juga bisa mengunakan Natrium Karbonat untuk membersihkan kaca. Nah, jika Moms mendapatkan noda dari minyak, atau noda membandel akibat karat besi, Moms bisa membersihkannya dengan menggunakan Natrium Karbonat ini. Caranya sama, Moms tinggal campurkan Natrium Karbonat dengan air. Namun perbandingan beda ya Moms, karena chemical ini cukup keras, cukup campurkan satu sendok the Natrium Karbonat dengan air sebanyak 5 liter.

 

  1. Menggunakan Gliserin

Nah, setelah moms membersihkan kaca dengan menggunakan metode di atas, sentuhan terakhir Moms bisa menggunakan chemical gliserin. Gliserin ini bisa moms dapatkan di took chemical ya… FUngsi glisrin di kaca, akan membuat kaca seperti ada lapisan, sehingga kotoran yang dibawa oleh air seperti kalis. Hal ini akan membantu Moms dalam mengurangi itensitas pembersihan kaca.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *